Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas
Berita Pengumuman

Pendapatan Jasa Marga 2011 Diperkirakan Dapat Mencapai Rp 4,9Triliun

 

Press Release Nomor : 018/2011 Tanggal 29 Desember 2011

 

Pendapatan Jasa Marga 2011

Diperkirakan Dapat Mencapai Rp 4,9Triliun

PT Jasa Marga (Persero) Tbk (“Jasa Marga”) dengan kode saham JSMR,pada tahun 2011, diproyeksikan membukukan pendapatan usaha sebesar Rp 4,9 triliun atau meningkat 11,7% dibandingkan pendapatan tahun 2010 sebesar Rp 4,3 triliun. Sedangkan untuk tahun 2012 ditargetkan sebesar Rp 5.4 triliun, atau naik sebesar 11,1% dibandingkan proyeksi 2011.

Volume lalu lintas transaksi sampai dengan Desember 2011 diperkirakan mencapai 1,07 miliarkendaraan, naik 13,45%, dibandingkan dengan volume lalu lintas transaksi sampai dengan Desember 2010, sebesar 949,58 juta kendaraan.Sedangkan untuk tahun 2012 ditargetkan sebesar 1,116 miliar, atau naik sebesar 4,3% dibandingkan tahun 2011.

Pada tahun 2011 penyerapan capex mencapai 2,5 triliun, dimana 1,9 triliun digunakan untuk pekerjaan pemeliharaan rutin, overlay, serta peningkatan kapasitas, dan 674,1 miliar digunakan untuk pengembangan jalan tol baru berupa penyertaan di Anak Perusahaan.

Jasa Marga pun memberikan kontribusi yang positif untuk pendapatan negara. Tercatat dalam 2011 Jasa Marga membayarkan pajak sejumlah Rp 543,486 miliar (sampai dengan November) serta membayarkan dividen sejumlah Rp 503,1 miliar (dividen bagian Pemerintah dari 60% laba bersih tahun 2010).

Saat ini Jasa Marga tengah mengembangkan sembilan ruas jalan tol baru yaitu : Bogor Ring Road, Gempol-Pasuruan, Semarang-Solo, Surabaya-Mojokerto, Gempol-Pandaan, Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, JORR W2 Utara(Ulujami-Kebon Jeruk), serta dua ruas tol yang merupakan bagian dari JORR 2 yaitu Serpong-Kunciran dan Kunciran-Cengkareng.

Dari ruas-ruas tersebut, pada tahun 2011 Ruas Semarang-Ungaran (10,8 km) sudah resmi beroperasi sejak 17 November 2011. Demikian pula Ruas Waru- Sepanjang (2,3 km) sudah beroperasi dengan tarif tol sejak 5 September 2011.

Untuk Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (8,12 km) telah dilaksanakan groundbreaking tanggal 21 Desember 2011 dan direncanakan beroperasi sebelum APEC Conference pada bulan September 2013. Sementara itu untuk JORR W2 Utara telah dilaksanakan groundbreaking tanggal 21 Oktober 2011 dan rencana beroperasi pertengahan 2013.

Peningkatan Pelayanan

Sebagai komitmen Jasa Marga terhadap pelayanan kepada pengguna jalan tol, secara periodik Jasa Marga senantiasa melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pelayanan di jalan tol.

Beberapa peningkatan pelayanan yang telah dilakukan Jasa Marga di tahun 2011,antara lain : pembangunan Gerbang Tol Cikarang Utama (merupakan relokasi GT Pondok Gede Timur yang kapasitasnya sudah tidak mencukupi lagi), relokasi Gerbang Tol Taman Mini Utama ke GT Cimanggis Utama,serta perubahan sistem transaksi Cawang-Cimanggis yang menjadi sistem terbuka.

Jasa Marga juga sudah menyelesaikan penambahan lajur pada jalan tol Jagorawi (Ruas TMII-Cibubur dan Ruas Cibubur-Cibinong), Purbaleunyi (Ruas Padalarang-Pasteur), dan Jakarta-Tangerang (Simpang Susun Kebon Jeruk-Tangerang Barat).

Untuk memberikan informasi real time tentang kondisi lalu lintas, Jasa Marga juga terus menambah jumlah variable message signs (VMS). Hingga saat ini total unit yang telah terpasang sebanyak 26 buah.

Peningkatan pelayanan lainnya adalah penambahan CCTV. Jumlah CCTV yang dioperasikan saat ini sebanyak 193 unit, dan tersebar di seluruh jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga. CCTV ini dipantau di Pusat Informasi Lalu Lintas Jasa Marga (Jasa Marga Traffic Information Centre - JMTIC) di Cililitan.

Kondisi lalu lintas yang dipantau CCTV ini dapat diakses pengguna jalan tol melalui mobile phone dengan alamat http://m.jasamargalive.com dan melalui internet dengan alamat http://www.jasamargalive.com. Masyarakat juga dapat memperoleh informasi kondisi jalan tol melalui Call Centre Jasa Marga Traffic Information Center, yang beroperasi 24 jam dengan nomor 021-80880123. Seluruh peningkatan pelayanan ini adalah wujud komitmen Jasa Marga untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jalan tol.

Untuk memberikan kenyamanan dan kecepatan pada saat transaksi di gerbang tol, Jasa Marga bekerjasama dengan Bank Mandiri, telah melakukan soft launching/uji coba penerapan e-tollpass yang merupakan pengembangan dari teknologi e-toll card, yang telah diterapkan sejak tahun 2009.

Dengan e-tollpass, pengguna jalan yang telah memasang alat OBU (on board unit) di dalam mobilnya, tidak perlu berhenti atau tapping di Gardu Transaksi Otomatis.

Sebagai tahap awal, sistem ini sudah terpasang di GT Cililitan, GT Cengkareng, GT Halim dan GT Kapuk.

Sementara untuk mengurangi jumlah antrean di Gerbang Tol, Jasa Marga telah memberlakukan pengoperasian seluruh gardu pada gerbang sibuk mulai pukul 05.00 pagi hari dan menerapkan Petugas Jemput Transaksi (Put-Tra) di gerbang-gerbang tol yang padat.

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Sebagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, pada tahun 2011 ini, Jasa Marga menerbitkan 100.000 buah buku “Aku Tertib Berlalulintas”, yang diperuntukkan anak usia SD, dan didistribusikan ke Sekolah Dasar/Madrasah di 25 kotamadya/kabupaten yang berada di koridor jalan tol milik Jasa Marga.

Sebagai bentuk kepedulian kepada lingkungan hidup Jasa Marga terus melaksnakan “penghutanan jalan tol”, dimana sepanjang tahun 2011 telah menanam ± 140.000 pohon yang tersebar di seluruh jalan tol yang dioperasikan Jasa Marga, termasuk menyerahkan 300.000 bibit bakau untuk ditanam dihutan Mangrove sebagai bagian dari program “Bali Peduli Mangrove”.

Kinerja positif dan kepedulian yang ditunjukkan Jasa Marga mengundang berbagai lembaga memberikan penghargaan terhadap kinerja Jasa Marga. Sepanjang 2011 tidak kurang dari 17 penghargaan diraih Jasa Marga. Beberapa diantaranya adalah Peringkat “Perusahaan Terpecaya“ berdasarkan hasil penilaian IICG bekerjasama dengan Majalah SWA dan peringkat “Perusahaan Terpecaya“ berdasarkan hasil penilaian para analis dan investor.

Untuk pelayanan pelanggan, Jasa Marga juga berhasil meraih “Service Quality Award 2011” sebagai perusahaan terbaik untuk kategori Toll Road Provider, dalam survei Indonesian Service Satisfaction Index (ISSI) 2011. Jasa Marga juga meraih “Call Center Award 2011” dengan peringkat “Good  Service Performance”.

Kepedulian lingkungan yang ditunjukkan Jasa Marga, juga membuat Jasa Marga meraih “Indonesia Green Awards 2011” dari Kementerian Kehutanan Republik Indonesia.

-----------------------------------------------------------------

Informasi lebih lanjut hubungi :

Okke Merlina

Sekretaris Perusahaan PT Jasa Marga (Persero), Tbk.

Plaza Tol TMII, Jakarta Timur 13550

Telp. 021-8413526Faks. 021-8401533

Email. Alamat surel ini dilindungi dari robot spam. Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk melihatnya

 

Disclaimer :

Selamat datang di Situs PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dengan melihat Situs ini Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menerima penyangkalan-penyangkalan berikut:

Penyangkalan untuk Website PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Informasi

Semua informasi yang diberikan dalam Situs ini adalah berdasarkan informasi yang diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (Jasa Marga) dan sumber-sumber lain, dan dimaksudkan hanya sebagai suatu pengenalan dan panduan tentang bisnis Jasa Marga serta berbagai macam produk dan layanan yang tersedia. Walaupun Jasa Marga telah menggunakan keputusan terbaiknya untuk menyajikan informasi pada Situs Jasa Marga dari sumber yang terpercaya, dengan hanya memberikan akses pada isi Situs, Jasa Marga tidak menjamin atau menyatakan bahwa:

  • Isi Situs tersebut akurat atau lengkap;
  • Isi Situs selalu termutakhirkan;
  • Jasa Marga memiliki kewajiban untuk memperbaharui isi Situs;
  • Setiap proyeksi, prediksi, prakiraan atau pandangan ke depan yang berkaitan dengan pernyataan kinerja Jasa Marga akan terwujud atau tercapai;
  • Isi Situs terbebas dari ketidakakurasian atau kesalahan berkenaan dengan percetakan
  • Isi Situs terbebas dari perubahan yang disebabkan oleh pihak ketiga, dan
  • Akses Anda pada Situs Jasa Marga ini akan bebas dari gangguan, kesalahan, virus komputer atau komponen berbahaya lainnya.

Jasa Marga tidak menerima tanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi baik secara langsung atau tidak langsung dari saran, pendapat, informasi, representasi atau penghilangan, baik disengaja atupun tidak, yang berada di situs ini, termasuk kerusakan-kerusakan yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, insidentil atau konsekuensial. Dengan kata lain, Anda menggunakan Situs Jasa Marga dengan risiko Anda sendiri. Jasa Marga berhak untuk mengubah atau menambah informasi yang diberikan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jasa Marga meyakini bahwa materi yang diungkapkan adalah akurat pada tanggal disampaikan, dan bahwa Jasa Marga dapat menyampaikan informasi yang baru dari waktu ke waktu, namun Jasa Marga tidak berkewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi tersebut dan menyatakan bahwa Jasa Marga secara eksplisit melepaskan kewajiban apapun untuk melakukan hal tersebut. Setiap upaya telah dilakukan untuk memberikan informasi yang akurat, namun kesalahan dan penghilangan dapat terjadi dan Jasa Marga tidak menjamin bahwa informasi yang tersedia di Situs ini adalah lengkap, akurat atau mutakhir dalam hal apapun.

Tautan
Informasi yang terdapat pada situs yang tertaut dengan Situs ini tidak disiapkan atau disediakan oleh Jasa Marga. Jasa Marga tidak bertanggung jawab, dan tidak mewakili atau memberi jaminan mengenai, isi, ketepatan atau kelengkapan dari setiap situs yang tertaut ke Situs ini atau setiap tautan yang ada pada situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung. Jasa Marga tidak memiliki kewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi dalam sebuah situs yang tertaut ke Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung oleh situs Jasa Marga dan secara tegas menolak kewajiban apapun untuk melakukan hal itu. Jasa Marga menyediakan tautan hanya demi kenyamanan, dan adanya semua tautan bukan merupakan pengesahan, investigasi, verifikasi, dan bantuan apapun dalam persiapannya atau persetujuan dari Jasa Marga atas semua informasi atau pernyataan yang ada dalam setiap situs yang tertaut. Hal ini juga berarti bahwa Jasa Marga tidak terafiliasi dengan pihak ketiga baik itu pemilik situs tertaut ataupun para sponsor. Jasa Marga berhak untuk menghentikan tautan ke situs pihak ketiga sewaktu-waktu.  Dalam kebanyakan kasus, Jasa Marga tidak menyadari bahwa pihak ketiga telah tertaut ke dalam Situs Jasa Marga. Jika pihak ketiga tertaut pada Situs Jasa Marga, maka hal ini bukan merupakan indikasi bahwa Jasa Marga memberikan dukungan, otorisasi, sponsor, afiliasi, patungan atau kemitraan dengan Jasa Marga. Situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Tidak menjiplak isi Situs Jasa Marga;
  • Tidak membuat penjelajah dan membuat frame dengan Situs Jasa Marga sebagai isinya;
  • Tidak mengimplikasikan bahwa Jasa Marga menyetujui situs atau produk yang bersangkutan;
  • Tidak salah menggambarkan hubungannya dengan Jasa Marga;
  • Tidak memberikan informasi yang tidak benar tentang produk atau layanan Jasa Marga; dan
  • Tidak terdapat isi yang dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan, menyinggung atau bersifat kontroversial dan harus berisi hanya hal-hal yang sesuai untuk semua kelompok umur.

Siaran Pers
Situs Jasa Marga berisi Siaran Pers tentang Jasa Marga dan perkembangan bisnis Jasa Marga. Siaran Pers diyakini keakurasiannya sebagai media yang disiapkan dan disebarkan kepada publik pada tanggal dikeluarkan, namun Jasa Marga melepaskan semua tugas atau kewajiban untuk memperbaharui informasi dalam siaran persnya. Informasi tentang perusahaan-perusahaan selain Jasa Marga yang ada dalam siaran pers tidak dapat dianggap sebagai informasi yang dipersiapkan dan didukung oleh Jasa Marga.

Penyangkalan atas Pernyataan Mengenai Proyeksi di Masa Mendatang
Banyak pernyataan pada Situs ini atau dokumen yang dapat diakses dari Situs ini yang mengandung pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Semua pernyataan, selain pernyataan-pernyataan tentang fakta historis, termasuk antara lain, pernyataan-pernyataan mengenai gambaran posisi keuangan dan operasional, perencanaan, strategi, tujuan, belanja modal, proyeksi biaya dan antisipasi penghematan biaya dan rencana pembiayaan serta proyeksi tingkat pertumbuhan Jasa Marga di masa datang, merupakan pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang secara umum dapat dilihat dari penggunaan istilah seperti “mungkin”, “akan”, “mengharapkan”, “bermaksud”, “merencanakan”, “memproyeksikan”, “memperkirakan”, “mengantisipasi”, “meyakini”, “berharap”, “mampu”, “dirancang untuk” atau frasa-frasa yang serupa. Namun demikian, tanpa kata-kata seperti itu tidak berarti bahwa pernyataan tersebut bukan merupakan proyeksi di masa mendatang.  Anda diingatkan untuk tidak mempercayai pernyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang tersebut tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Jasa Marga tidak berkewajiban untuk mempublikasi perbaikan apapun atas pernyataan apapun mengenai proyeksi di masa mendatang sebagai refleksi atas terjadinya peristiwa-peristiwa yang tidak terantisipasi sesudah tanggal pernyataan tersebut dibuat. Faktor-faktor baru muncul dari waktu ke waktu, Jasa Marga tidak mungkin memprediksi semua faktor tersebut, dan Jasa Marga juga tidak dapat menilai dampak dari masing-masing faktor terhadap bisnis Jasa Marga atau sampai sejauh mana suatu faktor atau kombinasi beberapa faktor dapat menimbulkan atau menghasilkan hal-hal aktual yang berbeda secara material dengan yang diperlihatkan oleh penyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang. Semua pernyataan tertulis maupun lisan mengenai proyeksi di masa mendatang yang berhubungan dengan Jasa Marga atau orang-orang yang bertindak atas nama Jasa Marga telah memenuhi syarat secara keseluruhan terhadap pernyataan-pernyataan ini.

Kekayaan Intelektual
Jasa Marga memiliki seluruh hak cipta dan seluruh hak kekayaan intelektual lain dalam Situs ini. Semua hal yang berada di dalam Situs ini seluruhnya memiliki hak cipta kecuali dinyatakan lain oleh Jasa Marga. Anda dapat menggunakan Situs Jasa Marga hanya untuk kepentingan yang tidak bersifat komersial. Anda diminta untuk tidak menyalin atau menayangkan dengan tujuan mendistribusikan kembali kepada pihak ketiga atau dengan tujuan komersial bagian manapun dari Situs ini tanpa izin tertulis dari Jasa Marga.

Virus
Jasa Marga tidak menerima kewajiban apapun yang timbul sebagai akibat dari transfer virus atau perubahan yang tidak sah atas isi Situs ini.

Yurisdiksi
Situs ini diatur dan harus diinterpretasikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.