Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas
Berita Pengumuman

Saham Jasa Marga dalam Indeks Saham

Saham Jasa Marga (JSMR) pada Indeks Saham Nasional (Bursa Efek Indonesia)

LQ45

adalah Indeks yang dikeluarkan Bursa Efek Indonesia yang terdiri dari 45 emiten dengan likuiditas (LiQuid) tinggi, yang diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan. Selain penilaian atas likuiditas, seleksi atas emiten-emiten tersebut juga mempertimbangkan kapitalisasi pasar. Bursa Efek Indonesia secara rutin memantau perkembangan kinerja emiten-emiten yang masuk dalam penghitungan indeks LQ45. Setiap tiga bulan sekali dilakukan evaluasi atas pergerakan urutan saham-saham tersebut. Penggantian saham akan dilakukan setiap enam bulan sekali, yaitu pada awal bulan Februari dan Agustus.

Saham JSMR mulai tergabung dalam indeks ini mulai  30 Januari 2009 (untuk periode Februari-Juli 2009) dan sampai saat ini masih tergabung.

 

JII (Jakarta Islamic Index)

Saham syariah yang menjadi konstituen JII terdiri dari 30 saham yang merupakan saham-saham syariah paling likuid dan memiliki kapitalisasi pasar yang besar. Bursa Efek Indonesia sebagai institusi yang mengeluarkan indeks ini  melakukan review JII setiap 6 bulan (Mei & November), yang disesuaikan dengan periode penerbitan DES oleh Bapepam & LK.

Saham JSMR mulai masuk dalam indeks JII sejak 30 Mei 2012 (untuk periode Juni-November 2012) dan sampai saat ini masih tergabung

 

Kompas100

PT Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan harian Kompas meluncurkan Indeks Kompas 100 pada tanggal 13 Juli 2007. Proses pemilihan 100 saham yang masuk dalam penghitungan Indeks Kompas100 ini mempertimbangkan faktor likuiditas, kapitalisasi pasar dan kinerja fundamental dari saham-saham tersebut. Sedangkan pergantian saham dan evaluasi akan dilakukan setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Februari dan Agustus.

Saham JSMR mulai masuk dalam Indeks Kompas 100 sejak  31 Juli 2008 (untuk periode Agustus 2008-Januari 2009), dan sampai saat ini masih tergabung

 

Bisnis27

Indeks BISNIS-27 merupakan indeks harga saham yang dikelola oleh PT Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan harian Bisnis Indonesia. Sebagai pihak yang independen, harian Bisnis Indonesia dapat mengelola indeks ini secara lebih independen dan fleksibel, dimana pemilihan konstituen indeks berdasarkan kinerja emiten dengan kriteria seleksi secara fundamental, historikal data transaksi (teknikal) dan akuntabilitas. Review dan pergantian saham yang masuk perhitungan Indeks Bisnis27 dilakukan setiap 6 bulan yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Saham JSMR mulai tergabung dalam indeks ini sejak 27 Januari 2009 (untuk periode Februari-Agustus 2009) dan sampai saat ini masih tergabung.

 

Sri-Kehati

Indeks SRI-KEHATI merupakan indeks harga saham yang diluncurkan oleh PT Bursa Efek Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Yayasan KEHATI). SRI sendiri merupakan kependekan dari Sustainable and Responsible Investment. Indeks ini membuat suatu benchmark indeks baru yang secara khusus memuat emiten yang memiliki kinerja yang sangat baik dalam mendorong usaha-usaha berkelanjutan, serta memiliki kesadaran diantaranya terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik, SDM dan HAM. Aspek fundamental SRI-KEHATI mempertimbangkan 6 (enam) faktor yaitu :  Environmental, Community,  Corporate Governance,  Human Rights,  Business Behaviour,  dan Labour Practices & Decent Work. Bursa Efek Indonesia dan Yayasan Kehati secara rutin akan memantau komponen saham yang masuk dalam perhitungan indeks. Review dan pergantian saham yang masuk perhitungan indeks Sri-Kehati dilakukan setiap 6 bulan yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Saham JSMR mulai masuk kedalam Indeks ini sejak 29 Oktober 2009 (untuk periode November 2009-April 2010) dan sampai saat ini masih tergabung

 

ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia)

Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) merupakan Indeks yang telah diluncurkan oleh BEI pada tanggal 12 Mei 2011. Konstituen ISSI adalah seluruh saham yang tergabung dalam Daftar Efek Syariah (DES) dan tercatat di BEI dimana pada saat Ini jumlah konstituen ISSI adalah sebanyak 219 saham (Juni 2012). Komponen perhitungan ISSI akan dievaluasi setiap enam bulan sekali yaitu setiap Mei dan November.

Saham JSMR mulai tergabung dalam indeks ini sejak 6 Juni 2012 (untuk periode Juni-November 2012) dan sampai saat ini masih tergabung

 

IDX30

Indeks Saham ini diluncurkan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 23 April 2012. Komponen IDX30 dipilih dari 30 saham berkapitalisasi terbesar pada indeks LQ45. Adapun faktor-faktor yang menjadi kriteria dasar keanggotaan IDX30 adalah aktivitas transaksi seperti nilai transaksi, frekuensi transaksi, jumlah hari transaksi, serta kapitalisasi pasar. Selain menggunakan kriteria kuantitatif, dalam pemilihan komponen IDX30 Bursa Efek Indonesia juga memperhatikan aspek-aspek kualitatif seperti kondisi keuangan, prospek pertumbuhan, serta faktor-faktor lain terkait kelangsungan usaha perusahaan. Bursa Efek Indonesia akan melakukan peninjauan berkala atas komponen pembentuk IDX30 setiap 6 bulan, yaitu pada awal bulan Februari dan Agustus setiap tahunnya.

Saham JSMR masuk ke dalam indeks ini sejak 23 April 2012 (untuk periode Februari-Juli 2012) dan sampai saat ini masih tergabung.

 

Saham JSMR pada Indeks regional dan internasional

 

ASEAN Star Exchange

ASEAN Star Exchange merupakan salah satu produk dari ASEAN Exchanges, yang merupakan kolaborasi dari enam negara ASEAN, yaitu Indonesia dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Malaysia dengan Bursa Malaysia Berhad, Vietnam dengan dua indeksnya, Hanoi Stock Exchange dan Ho Chi Minh Stock Exchange, Singapura dengan Singapore Exchange Limited, Filipina dengan The Philippine Stock Exchange Inc., dan Thailand dengan The Stock Exchange of Thailand. ASEAN Exchange yang diluncurkan pada Jum’at, 8 April 2011, ditujukan untuk mempromosikan pasar modal ASEAN. Melalui situs www.aseanexchanges.org, indeks ini  memuat data dari 210 saham bluechips yang direkomendasikan ketujuh bursa tersebut. ASEAN Exchanges akan melihat lagi saham-saham itu tiap enam bulan, yaitu setiap awal bulan Mei dan November.

Saham JSMR mulai tergabung sejak 8 April 2011 (untuk periode Mei-Oktober 2011) hingga saat ini.

 

FTSE (The Financial Times Stock Exchange)

Indeks saham di Bursa Saham London yang dimiliki Grup FTSE, dimana pada awalnya merupakan joint venture antara Financial Times dan Bursa Saham London. Dimulai sejak 3 Januari 1984 dan terus berkembang sampai sekarang menjadi 4 macam indeks , yaitu: FTSE 100 Index, FTSE 250 Index, FTSE 350 Index & FTSE SmallCap Index. Dari keempat indeks di atas yang menjadi acuan dalam pasar saham internasional

Saham JSMR hingga saat ini masih berada dalam list Indeks tersebut

 

MSCI Global Standard Indices

Indeks MSCI diciptakan oleh Morgan Stanley Capital International. Setiap Indeks MSCI mengukur aspek yang berbeda dari kinerja pasar saham global. Indeks MSCI World mengukur kinerja pasar 1.500 perusahaan yang memiliki keberadaan global. Hal ini sering dikutip oleh media keuangan untuk menggambarkan bagaimana pasar saham dunia.

Saham JSMR tergabung dalam list Indeks ini sejak 15 Mei 2012 hingga saat ini.

Disclaimer :

Selamat datang di Situs PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dengan melihat Situs ini Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menerima penyangkalan-penyangkalan berikut:

Penyangkalan untuk Website PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Informasi

Semua informasi yang diberikan dalam Situs ini adalah berdasarkan informasi yang diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (Jasa Marga) dan sumber-sumber lain, dan dimaksudkan hanya sebagai suatu pengenalan dan panduan tentang bisnis Jasa Marga serta berbagai macam produk dan layanan yang tersedia. Walaupun Jasa Marga telah menggunakan keputusan terbaiknya untuk menyajikan informasi pada Situs Jasa Marga dari sumber yang terpercaya, dengan hanya memberikan akses pada isi Situs, Jasa Marga tidak menjamin atau menyatakan bahwa:

  • Isi Situs tersebut akurat atau lengkap;
  • Isi Situs selalu termutakhirkan;
  • Jasa Marga memiliki kewajiban untuk memperbaharui isi Situs;
  • Setiap proyeksi, prediksi, prakiraan atau pandangan ke depan yang berkaitan dengan pernyataan kinerja Jasa Marga akan terwujud atau tercapai;
  • Isi Situs terbebas dari ketidakakurasian atau kesalahan berkenaan dengan percetakan
  • Isi Situs terbebas dari perubahan yang disebabkan oleh pihak ketiga, dan
  • Akses Anda pada Situs Jasa Marga ini akan bebas dari gangguan, kesalahan, virus komputer atau komponen berbahaya lainnya.

Jasa Marga tidak menerima tanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi baik secara langsung atau tidak langsung dari saran, pendapat, informasi, representasi atau penghilangan, baik disengaja atupun tidak, yang berada di situs ini, termasuk kerusakan-kerusakan yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, insidentil atau konsekuensial. Dengan kata lain, Anda menggunakan Situs Jasa Marga dengan risiko Anda sendiri. Jasa Marga berhak untuk mengubah atau menambah informasi yang diberikan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jasa Marga meyakini bahwa materi yang diungkapkan adalah akurat pada tanggal disampaikan, dan bahwa Jasa Marga dapat menyampaikan informasi yang baru dari waktu ke waktu, namun Jasa Marga tidak berkewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi tersebut dan menyatakan bahwa Jasa Marga secara eksplisit melepaskan kewajiban apapun untuk melakukan hal tersebut. Setiap upaya telah dilakukan untuk memberikan informasi yang akurat, namun kesalahan dan penghilangan dapat terjadi dan Jasa Marga tidak menjamin bahwa informasi yang tersedia di Situs ini adalah lengkap, akurat atau mutakhir dalam hal apapun.

Tautan
Informasi yang terdapat pada situs yang tertaut dengan Situs ini tidak disiapkan atau disediakan oleh Jasa Marga. Jasa Marga tidak bertanggung jawab, dan tidak mewakili atau memberi jaminan mengenai, isi, ketepatan atau kelengkapan dari setiap situs yang tertaut ke Situs ini atau setiap tautan yang ada pada situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung. Jasa Marga tidak memiliki kewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi dalam sebuah situs yang tertaut ke Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung oleh situs Jasa Marga dan secara tegas menolak kewajiban apapun untuk melakukan hal itu. Jasa Marga menyediakan tautan hanya demi kenyamanan, dan adanya semua tautan bukan merupakan pengesahan, investigasi, verifikasi, dan bantuan apapun dalam persiapannya atau persetujuan dari Jasa Marga atas semua informasi atau pernyataan yang ada dalam setiap situs yang tertaut. Hal ini juga berarti bahwa Jasa Marga tidak terafiliasi dengan pihak ketiga baik itu pemilik situs tertaut ataupun para sponsor. Jasa Marga berhak untuk menghentikan tautan ke situs pihak ketiga sewaktu-waktu.  Dalam kebanyakan kasus, Jasa Marga tidak menyadari bahwa pihak ketiga telah tertaut ke dalam Situs Jasa Marga. Jika pihak ketiga tertaut pada Situs Jasa Marga, maka hal ini bukan merupakan indikasi bahwa Jasa Marga memberikan dukungan, otorisasi, sponsor, afiliasi, patungan atau kemitraan dengan Jasa Marga. Situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Tidak menjiplak isi Situs Jasa Marga;
  • Tidak membuat penjelajah dan membuat frame dengan Situs Jasa Marga sebagai isinya;
  • Tidak mengimplikasikan bahwa Jasa Marga menyetujui situs atau produk yang bersangkutan;
  • Tidak salah menggambarkan hubungannya dengan Jasa Marga;
  • Tidak memberikan informasi yang tidak benar tentang produk atau layanan Jasa Marga; dan
  • Tidak terdapat isi yang dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan, menyinggung atau bersifat kontroversial dan harus berisi hanya hal-hal yang sesuai untuk semua kelompok umur.

Siaran Pers
Situs Jasa Marga berisi Siaran Pers tentang Jasa Marga dan perkembangan bisnis Jasa Marga. Siaran Pers diyakini keakurasiannya sebagai media yang disiapkan dan disebarkan kepada publik pada tanggal dikeluarkan, namun Jasa Marga melepaskan semua tugas atau kewajiban untuk memperbaharui informasi dalam siaran persnya. Informasi tentang perusahaan-perusahaan selain Jasa Marga yang ada dalam siaran pers tidak dapat dianggap sebagai informasi yang dipersiapkan dan didukung oleh Jasa Marga.

Penyangkalan atas Pernyataan Mengenai Proyeksi di Masa Mendatang
Banyak pernyataan pada Situs ini atau dokumen yang dapat diakses dari Situs ini yang mengandung pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Semua pernyataan, selain pernyataan-pernyataan tentang fakta historis, termasuk antara lain, pernyataan-pernyataan mengenai gambaran posisi keuangan dan operasional, perencanaan, strategi, tujuan, belanja modal, proyeksi biaya dan antisipasi penghematan biaya dan rencana pembiayaan serta proyeksi tingkat pertumbuhan Jasa Marga di masa datang, merupakan pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang secara umum dapat dilihat dari penggunaan istilah seperti “mungkin”, “akan”, “mengharapkan”, “bermaksud”, “merencanakan”, “memproyeksikan”, “memperkirakan”, “mengantisipasi”, “meyakini”, “berharap”, “mampu”, “dirancang untuk” atau frasa-frasa yang serupa. Namun demikian, tanpa kata-kata seperti itu tidak berarti bahwa pernyataan tersebut bukan merupakan proyeksi di masa mendatang.  Anda diingatkan untuk tidak mempercayai pernyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang tersebut tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Jasa Marga tidak berkewajiban untuk mempublikasi perbaikan apapun atas pernyataan apapun mengenai proyeksi di masa mendatang sebagai refleksi atas terjadinya peristiwa-peristiwa yang tidak terantisipasi sesudah tanggal pernyataan tersebut dibuat. Faktor-faktor baru muncul dari waktu ke waktu, Jasa Marga tidak mungkin memprediksi semua faktor tersebut, dan Jasa Marga juga tidak dapat menilai dampak dari masing-masing faktor terhadap bisnis Jasa Marga atau sampai sejauh mana suatu faktor atau kombinasi beberapa faktor dapat menimbulkan atau menghasilkan hal-hal aktual yang berbeda secara material dengan yang diperlihatkan oleh penyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang. Semua pernyataan tertulis maupun lisan mengenai proyeksi di masa mendatang yang berhubungan dengan Jasa Marga atau orang-orang yang bertindak atas nama Jasa Marga telah memenuhi syarat secara keseluruhan terhadap pernyataan-pernyataan ini.

Kekayaan Intelektual
Jasa Marga memiliki seluruh hak cipta dan seluruh hak kekayaan intelektual lain dalam Situs ini. Semua hal yang berada di dalam Situs ini seluruhnya memiliki hak cipta kecuali dinyatakan lain oleh Jasa Marga. Anda dapat menggunakan Situs Jasa Marga hanya untuk kepentingan yang tidak bersifat komersial. Anda diminta untuk tidak menyalin atau menayangkan dengan tujuan mendistribusikan kembali kepada pihak ketiga atau dengan tujuan komersial bagian manapun dari Situs ini tanpa izin tertulis dari Jasa Marga.

Virus
Jasa Marga tidak menerima kewajiban apapun yang timbul sebagai akibat dari transfer virus atau perubahan yang tidak sah atas isi Situs ini.

Yurisdiksi
Situs ini diatur dan harus diinterpretasikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.