Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas   |   Informasi Lalulintas
Berita Pengumuman

Lalin Puncak Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terjadi Pada H-3 dan H-2

Press Release Nomor : 13/2011,  23 Agustus 2011

Lalin Puncak Di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Terjadi Pada H-3 dan H-2

Jakarta, 23 Agustus 2011 – Jalan Tol Jakarta Cikampek diperkirakan akan melayani Puncak arus mudik pada H-3 (Sabtu, 27 Agustus 2011) dan H-2 (Minggu, 28 Agustus 2011). Jumlah kendaraan yang akan melintas di Gerbang Tol Jakarta-Cikampek pada H-3 diperkirakan akan naik sekitar 104 %, dan H-2 diperkirakan akan naik 114%, atau kurang lebih menjadi kurang lebih 37 ribu kendaraan. sementara hari biasa  hanya sekitar 18 ribu.

Dibandingkan dengan saat kondisi puncak arus Lebaran tahun 2010 yang mencapai 35.921 kendaraan, tahun ini diperkirakan terjadi kenaikan sekitar 2,8%.

Jasa Marga mengantisipasi hal ini dengan menyiapkan berbagai langkah guna memberikan enyamanan kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran. Mulai H-5 sampai dengan H+1 Jasa Marga akan memberlakukan gerbang tersebut tersebut hanya sebagai gerbang keluar (pembayaran tol).  Dengan jumlah gardu mencapai 14 gardu, diharapkan dapat melayani masyarakat semaksimal mungkin.

Sementara Untuk antisipasi kepadatan lalu lintas di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jasa Marga melaksanakan transaksi jemput pelanggan pada saat terjadi antrian panjang.

Guna melayanai kendaraan dari arah Cikampek menuju jalan tol tol akan diarahkan melalui Kota Bukit Indah dan masuk tol melalui Gerbang Tol Kalihurip.

Jasa Marga juga sudah menerapkan protap (prosedur tetap), apabila terjadi kemacetan di ujung Tol Cikampek, yang imbasnya akan mencapai jalan tol Jakarta-Cikampek, yaitu mengarahkan pengguna jalan tol yang akan untuk keluar di GT Kalihurip, dan akan menuju ke Jalan Pantura arah Cikampek.

Bila kepadatan kendaraan sudah mencapai Simpang Susun Dawuan, pengguna jalan tol diarahkan ke arah Tol Cipularang dan keluar di Gerbang Tol Sadang.  Selanjutnya dari Sadang, pengguna jalan diarahkan melalui Subang, Cikamurang, Kadipaten menuju Cirebon.

Aapabila Jalur Pantura macet total, Jasa Marga akan mengarahkan masyarakat untuk melalui Lintas Selatan (masuk Cipularang, keluar di Cileunyi, Sumedang, Kadipaten dan Cirebon).

Jasa Marga juga menyiapkan rambu-rambu di tempat-tempat strategis untuk memudahkan pengguna jalan tol mencari alternatif yang sesuai dengan tujuannya.

Jasa Marga melakukan koordinasi dengan aparat Polwil Purwakarta dan Brimob, untuk mengatasi kepadatan lalu lintas tersebut. Jasa Marga menyiapkan 12 kendaraan patroli roda dua yang akan menjaga keamanan masyarakat, terutama pada saat macet di jalan tol. Untuk keperluan pengaturan dan pengalihan lalu lintas, dibangun Posko Pengamatan Terpadu maka di Simpang Susun Dawuan.

 

Layanan Posko Terpadu

Untuk memberikan pengamanan Beberapa Pos Pengamanan Terpadu yang dibangun Jasa Marga bekerjasama dengan petugas Korem/Koramil dan Kepolisian adalah sebagai berikut :

  • Posko di Simpang Susun Dawuan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Km 66,
  • Pos Pantau di KM 108 Jalan Tol Cipularang bersama anggota SAR dari Badan SAR Nasional (BASARNAS).
  • Pos Pengamanan Terpadu di Simpang Susun Sadang (KM 70)
  • Pos Pengamanan Terpadu di sekitar pintu masuk GT Pondok Gede Timur ke arah Cikampek (KM 8),
  • Pos Pengamanan Terpadu  di Tempat Istirahat (TI) di KM 19/A, TI di KM 21/B dan TI KM 33/A.
  • Pengamanan Terpadu  di TI KM 88, GT Padalarang Barat dan GT Cileunyi, Jalan Tol Purbaleunyi/Cipularang,

Kendaraan Operasional

Jasa Marga menyiapkan 271 kendaraan operasional siaga 24 Jam yang tersebar di seluruh ruas jalan tol yang dioperasikan yaitu ;

  • Ambulans 22 unit,
  • Derek 95 unit,
  • Patroli Jalan Raya/PJR 67 unit,
  • Kendaraan Layanan Jalan Tol 57 unit,
  • Kendaraan Rescue 13 unit
  • Water tank 15 unit.

 

Dalam layanan informasi lalu lintas di jalan tol, Jasa Marga memberikan kemudahan dengan memberikan berbagai akses informasi,  yaitu :

  • Traffic Information Centre (TIC) dengan nomor telepon 021-80880123
  • Radio siaran niaga (broadcast),
  • Spanduk atau peta resmi dari Dirjen Perhubungan Darat.
  • Rambu-rambu informasi lalu lintas  (VMS)
  • Rambu-rambu menjelang masuk gerbang tol.

TIC dilengkapi monitor pemantau yang terhubung ke 169 CCTV di seluruh ruas tol yang dikelola Jasa Marga baik yang ada di Jabotabek, Bandung, Cirebon, Semarang, Surabaya sampai Medan. Saat ini TIC mengerahkan 24 karyawan.

Mengoptimalkan Tempat Istirahat

Sarana pelayanan Tempat Istirahat yang tersedia di jalan tol, juga menyediakan berbagai pelayanan tambahan seperti kopi gratis, buka puasa gratis, bengkel dan poliklinik darurat 24 jam gratis, serta pemeriksaan ban. Fasilitas Utama di tempat istirahat ini terdiri dari restaurant/warung makan, mushola/masjid, peturasan, layanan informasi dan komunikasi, tempat parkir, tempat duduk untuk istirahat, dan SPBU

Tempat Istirahat yang disediakan Jasa Marga sebanyak 28 tempat istirahat yang tersebar di Jalan Tol Jakarta-Tangerang (2), Jakarta-Cikampek (9), Jagorawi (6), Purbaleunyi (5), Palikanci (2), Semarang (2) dan Surabaya-Gempol (2).

Jasa Marga juga telah menjalin kerjasama dengan rumah sakit di sepanjang koridor jalan tol untuk dijadikan sebagai rujukan korban kecelakaan dan antisipasi bantuan bila ada terjadi kecelakaan dengan banyak korban.

 

Peningkatan Kapasitas Jalan

Dalam menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2011 ini, Jasa Marga telah melebarkan dengan penambahan 1 lajur beberapa ruas jalan tol yaitu ;

  • Jalan Tol Jagorawi,  Ruas TMII-Cibinong, dari 3 (tiga) lajur menjadi 4 (epat) lajur, telah dioperasikan pada tanggal 11 Agustus 2011
  • Jalan Tol Jakarta-Tangerang,  Ruas Kebon Jeruk-Tangerang Barat, dari 3 (tiga) lajur menjadi 4 (empat) lajur,  dioperasikan buka pada tanggal 16 Agustus 2011
  • Jalan Tol Purbaleunyi, Ruas Padalarang-Pasteur, dari 2 (dua) lajur menjadi 3 (tiga) lajur, terlah dioperasikan tanggal 15 Juni 2011.

 

Jalan Tol Baru

Sebagai pemimpin di industri jalan tol, Jasa Marga terus mengembangkan jalan tol dengan membangun ruas baru sepanjang 215 km sebagai berikut:

  • Bogor Outer Ring Road (11 km),
  • Semarang-Solo (75,7 km),
  • Gempol-Pasuruan (34,15 km),
  • Cengkareng-Kunciran (15,2 Km),
  • Kunciran-Serpong (11,2 km),
  • JORR W2 Utara (7,7 km),
  • Surabaya-Mojokerto (36,3 km),
  • Gempol-Pandaan (13,6 km),
  • Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (10 km), yang merupakan jalan tol pertama di Pulau Bali.

Saat ini Jasa Marga melalui anak perusahaan sudah mulai melakukan ujicoba jalan tol Semarang-Ungaran (11 km) sejak 20 Agustus 2011, Sementara  untuk aruas Surabaya-Mojokerto Seksi 1A (Waru-Sepanjang = 2,3 km), diharapkan dapat digunakan saat arus mudik Lebaran tahun 2011.

 

 

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

Okke Merlina,

Sekretaris Perusahaan

Telp. 8413526 – 8413630


 

Disclaimer :

Selamat datang di Situs PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Dengan melihat Situs ini Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca dan menerima penyangkalan-penyangkalan berikut:

Penyangkalan untuk Website PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Informasi

Semua informasi yang diberikan dalam Situs ini adalah berdasarkan informasi yang diberikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (Jasa Marga) dan sumber-sumber lain, dan dimaksudkan hanya sebagai suatu pengenalan dan panduan tentang bisnis Jasa Marga serta berbagai macam produk dan layanan yang tersedia. Walaupun Jasa Marga telah menggunakan keputusan terbaiknya untuk menyajikan informasi pada Situs Jasa Marga dari sumber yang terpercaya, dengan hanya memberikan akses pada isi Situs, Jasa Marga tidak menjamin atau menyatakan bahwa:

  • Isi Situs tersebut akurat atau lengkap;
  • Isi Situs selalu termutakhirkan;
  • Jasa Marga memiliki kewajiban untuk memperbaharui isi Situs;
  • Setiap proyeksi, prediksi, prakiraan atau pandangan ke depan yang berkaitan dengan pernyataan kinerja Jasa Marga akan terwujud atau tercapai;
  • Isi Situs terbebas dari ketidakakurasian atau kesalahan berkenaan dengan percetakan
  • Isi Situs terbebas dari perubahan yang disebabkan oleh pihak ketiga, dan
  • Akses Anda pada Situs Jasa Marga ini akan bebas dari gangguan, kesalahan, virus komputer atau komponen berbahaya lainnya.

Jasa Marga tidak menerima tanggung jawab untuk setiap kerugian atau kerusakan yang mungkin terjadi baik secara langsung atau tidak langsung dari saran, pendapat, informasi, representasi atau penghilangan, baik disengaja atupun tidak, yang berada di situs ini, termasuk kerusakan-kerusakan yang bersifat langsung, tidak langsung, khusus, insidentil atau konsekuensial. Dengan kata lain, Anda menggunakan Situs Jasa Marga dengan risiko Anda sendiri. Jasa Marga berhak untuk mengubah atau menambah informasi yang diberikan tanpa pemberitahuan sebelumnya. Jasa Marga meyakini bahwa materi yang diungkapkan adalah akurat pada tanggal disampaikan, dan bahwa Jasa Marga dapat menyampaikan informasi yang baru dari waktu ke waktu, namun Jasa Marga tidak berkewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi tersebut dan menyatakan bahwa Jasa Marga secara eksplisit melepaskan kewajiban apapun untuk melakukan hal tersebut. Setiap upaya telah dilakukan untuk memberikan informasi yang akurat, namun kesalahan dan penghilangan dapat terjadi dan Jasa Marga tidak menjamin bahwa informasi yang tersedia di Situs ini adalah lengkap, akurat atau mutakhir dalam hal apapun.

Tautan
Informasi yang terdapat pada situs yang tertaut dengan Situs ini tidak disiapkan atau disediakan oleh Jasa Marga. Jasa Marga tidak bertanggung jawab, dan tidak mewakili atau memberi jaminan mengenai, isi, ketepatan atau kelengkapan dari setiap situs yang tertaut ke Situs ini atau setiap tautan yang ada pada situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung. Jasa Marga tidak memiliki kewajiban untuk memperbaharui atau memperbaiki informasi dalam sebuah situs yang tertaut ke Situs Jasa Marga yang dapat dirujuk baik secara langsung atau tidak langsung oleh situs Jasa Marga dan secara tegas menolak kewajiban apapun untuk melakukan hal itu. Jasa Marga menyediakan tautan hanya demi kenyamanan, dan adanya semua tautan bukan merupakan pengesahan, investigasi, verifikasi, dan bantuan apapun dalam persiapannya atau persetujuan dari Jasa Marga atas semua informasi atau pernyataan yang ada dalam setiap situs yang tertaut. Hal ini juga berarti bahwa Jasa Marga tidak terafiliasi dengan pihak ketiga baik itu pemilik situs tertaut ataupun para sponsor. Jasa Marga berhak untuk menghentikan tautan ke situs pihak ketiga sewaktu-waktu.  Dalam kebanyakan kasus, Jasa Marga tidak menyadari bahwa pihak ketiga telah tertaut ke dalam Situs Jasa Marga. Jika pihak ketiga tertaut pada Situs Jasa Marga, maka hal ini bukan merupakan indikasi bahwa Jasa Marga memberikan dukungan, otorisasi, sponsor, afiliasi, patungan atau kemitraan dengan Jasa Marga. Situs yang tertaut pada Situs Jasa Marga harus memenuhi syarat-syarat berikut:

  • Tidak menjiplak isi Situs Jasa Marga;
  • Tidak membuat penjelajah dan membuat frame dengan Situs Jasa Marga sebagai isinya;
  • Tidak mengimplikasikan bahwa Jasa Marga menyetujui situs atau produk yang bersangkutan;
  • Tidak salah menggambarkan hubungannya dengan Jasa Marga;
  • Tidak memberikan informasi yang tidak benar tentang produk atau layanan Jasa Marga; dan
  • Tidak terdapat isi yang dapat dianggap sebagai sesuatu yang tidak menyenangkan, menyinggung atau bersifat kontroversial dan harus berisi hanya hal-hal yang sesuai untuk semua kelompok umur.

Siaran Pers
Situs Jasa Marga berisi Siaran Pers tentang Jasa Marga dan perkembangan bisnis Jasa Marga. Siaran Pers diyakini keakurasiannya sebagai media yang disiapkan dan disebarkan kepada publik pada tanggal dikeluarkan, namun Jasa Marga melepaskan semua tugas atau kewajiban untuk memperbaharui informasi dalam siaran persnya. Informasi tentang perusahaan-perusahaan selain Jasa Marga yang ada dalam siaran pers tidak dapat dianggap sebagai informasi yang dipersiapkan dan didukung oleh Jasa Marga.

Penyangkalan atas Pernyataan Mengenai Proyeksi di Masa Mendatang
Banyak pernyataan pada Situs ini atau dokumen yang dapat diakses dari Situs ini yang mengandung pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Semua pernyataan, selain pernyataan-pernyataan tentang fakta historis, termasuk antara lain, pernyataan-pernyataan mengenai gambaran posisi keuangan dan operasional, perencanaan, strategi, tujuan, belanja modal, proyeksi biaya dan antisipasi penghematan biaya dan rencana pembiayaan serta proyeksi tingkat pertumbuhan Jasa Marga di masa datang, merupakan pernyataan tentang proyeksi di masa datang. Pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang secara umum dapat dilihat dari penggunaan istilah seperti “mungkin”, “akan”, “mengharapkan”, “bermaksud”, “merencanakan”, “memproyeksikan”, “memperkirakan”, “mengantisipasi”, “meyakini”, “berharap”, “mampu”, “dirancang untuk” atau frasa-frasa yang serupa. Namun demikian, tanpa kata-kata seperti itu tidak berarti bahwa pernyataan tersebut bukan merupakan proyeksi di masa mendatang.  Anda diingatkan untuk tidak mempercayai pernyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang tersebut tanpa mempertimbangkannya terlebih dahulu. Jasa Marga tidak berkewajiban untuk mempublikasi perbaikan apapun atas pernyataan apapun mengenai proyeksi di masa mendatang sebagai refleksi atas terjadinya peristiwa-peristiwa yang tidak terantisipasi sesudah tanggal pernyataan tersebut dibuat. Faktor-faktor baru muncul dari waktu ke waktu, Jasa Marga tidak mungkin memprediksi semua faktor tersebut, dan Jasa Marga juga tidak dapat menilai dampak dari masing-masing faktor terhadap bisnis Jasa Marga atau sampai sejauh mana suatu faktor atau kombinasi beberapa faktor dapat menimbulkan atau menghasilkan hal-hal aktual yang berbeda secara material dengan yang diperlihatkan oleh penyataan-pernyataan mengenai proyeksi di masa mendatang. Semua pernyataan tertulis maupun lisan mengenai proyeksi di masa mendatang yang berhubungan dengan Jasa Marga atau orang-orang yang bertindak atas nama Jasa Marga telah memenuhi syarat secara keseluruhan terhadap pernyataan-pernyataan ini.

Kekayaan Intelektual
Jasa Marga memiliki seluruh hak cipta dan seluruh hak kekayaan intelektual lain dalam Situs ini. Semua hal yang berada di dalam Situs ini seluruhnya memiliki hak cipta kecuali dinyatakan lain oleh Jasa Marga. Anda dapat menggunakan Situs Jasa Marga hanya untuk kepentingan yang tidak bersifat komersial. Anda diminta untuk tidak menyalin atau menayangkan dengan tujuan mendistribusikan kembali kepada pihak ketiga atau dengan tujuan komersial bagian manapun dari Situs ini tanpa izin tertulis dari Jasa Marga.

Virus
Jasa Marga tidak menerima kewajiban apapun yang timbul sebagai akibat dari transfer virus atau perubahan yang tidak sah atas isi Situs ini.

Yurisdiksi
Situs ini diatur dan harus diinterpretasikan sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia.