Direktur SDM dan Umum Menjadi Pembicara dalam Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat II

8/31/2017 6:45:32 PM
Berita

​Sebagai wujud implementasi UU No 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dimana dalam membentuk sosok ASN diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan mampu berdaya saing maka diadakanlah Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim).

Hal ini pun telah diwujudkan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia pada Selasa 29 Agustus 2017 dengan menyelenggarakan Diklatpim Tingkat II Angkatan XLIII Kelas 1 Tahun 2017 dengan topik “Best Practice : Membangun Koalisi dengan Stakeholders”. Bertempat di Ruang Kelas A, Gedung Graha Wicaksana Pusdiklat Kepemimpinan Aparatur Nasional Jakarta, Diklatpim Tingkat II diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Pejabat Struktural Eselon II Pemerintahan dari berbagai Departemen tingkat Pusat maupun Daerah.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur SDM dan Umum Kushartanto Koeswiranto yang juga ditunjuk sebagai pembicara memberikan pemaparan mengenai upaya dalam membina hubungan dengan stakeholder.

Selain itu, materi diklat terdiri dari lima agenda pembelajaran yang diharapkan dapat mencapai tingkat kompetensi kepemimpinan yang strategis. Materi pembelajaran tersebut diantaranya mengenai penguatan integritas dan wawasan kebangsaan kepada peserta, identifikasi diagnosa perubahan, menumbuhkan kesadaran inovasi dan kemampuan berinovasi guna menghadirkan pembaharuan, membangun kolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait atau disebut dengan agenda tim efektif, serta agenda proyek perubahan.

Adapun tujuan diadakan Diklatpim Tingkat II ini untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan Pejabat Struktural Eselon II yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing. Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dapat membekali peserta dengan kemampuan mengelola strategi instansi menuju tim yang efektif. (@edited by corcomm)