Kantor Pusat Jasa Marga Kembali Adakan Kegiatan Donor Darah

4/4/2019 2:12:23 PM
Berita

PT Jasa Marga (Persero) Tbk bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bekasi kembali mengadakan kegiatan donor darah di Kantor Pusat Jasa Marga pada Selasa (02/04). Acara donor darah ini merupakan kegiatan rutin Jasa Marga yang diadakan setiap 3 bulan sekali. 

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 8 pagi hingga berakhir pada pukul 11 siang ini berhasil menarik minat para karyawan Jasa Marga. Tercatat kurang lebih 167 karyawan Jasa Marga dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan. 

Dr. Eva Dini, petugas PMI Kabupaten Bekasi, mengungkapkan bahwa sebelum melakukan donor darah, calon pendonor darah harus mengetahui beberapa persyaratan khusus antara lain mengisi formulir biodata dan catatan kesehatan.

"Yang pertama itu harus sehat, berat badan itu minimal 45 kg, tidur minimal 5 jam, tidak meminum obat selama 3 hari, dan kalau wanita tidak sedang menyusui atau sedang hamil," tuturnya saat ditemui di Kantor Pusat Jasa Marga.

Setelah calon pendonor menyerahkan formulir yang sudah terisi, selanjutnya tim dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bekasi ini akan memeriksa dengan teliti seputar kadar Hemoglobin, golongan darah, tekanan darah maupun berat badan calon pendonor.

Eva menambahkan, di kesempatan ini, setidaknya ada 50 orang calon pendonor yang terpaksa ditolak karena tidak memenuhi persyaratan kesehatan. Calon pendonor yang ditolak tersebut akan tetap bisa mendonorkan darahnya di bulan berikutnya tergantung kondisi kesehatannya.

“Antusiasme si pendonor ini banyak sekali ya. Bahkan kita sampai kekurangan alat. Hari ini, ada sekitar 50 orang calon pendonor yang kami tolak karena tidak memenuhi persyaratan,” sambungnya.

Eva mengatakan, dalam menjaga kualitas kantong darah yang terkumpul dari Kantor Pusat Jasa Marga dan dibawa menuju PMI Kabupaten Bekasi, pihaknya tetap mengedepankan disiplin waktu.

"Kita juga memperhitungkan waktunya ya. Biasanya mulai dari awal sampai akhir itu jarak waktunya 3 jam karena berhubungan sama kualitas darahnya. Waktunya itu maksimal 3 jam yaitu antara transportasi dari pengambilan sampai kita kesana 5 jam dalam cool box,” tandasnya.

Budi Setiawan salah satu karyawan Jasa Marga menuturkan, dirinya selalu rutin melakukan kegiatan donor darah. Di samping bisa membantu sesama, ia merasakan manfaat yang baik bagi kesehatannya.

“Saya rutin melakukan ini setiap 3 bulan sekali. Saya rasa ini memiliki banyak manfaat ya. Saya berharap sih kegiatan semacam ini harus terus diadakan berkelanjutan ya,” katanya. 

Hal yang sama juga diungkapkan Widya Astuti. Ia merasa bangga bisa rutin melakukan kegiatan donor darah yang dilakukan di Kantor Pusat Jasa Marga. 

“Acara ini bagus ya. Saya selalu rutin melakukan donor darah. Kebetulan saya kan pindahan dari Cirebon, di sana pun saya rutin donor darah. Saya pribadi senang melakukannya karena ini kan tujuan utamanya untuk membantu orang yang sedang membutuhkan,” ujarnya.