Crash Program Pilot Project, Langkah Inovatif Jasa Marga Transformasi Skill Karyawan di Era Revolusi Industri 4.0

1/21/2020 3:20:03 PM
#Release

PRESS RELE​ASE
PT JASAMARGA (Persero) Tbk


 

Nomor: 07/2020 Tanggal 21 Januari 2020

 
 

Crash Program Pilot Project, Langkah Inovatif Jasa Marga Transformasi Skill Karyawan di Era Revolusi Industri 4.0

Jakarta (21/01) - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menggelar kelulusan bagi 100 peserta Crash Program Pilot Project Jasa Marga, Selasa, (21/1). Acara ini diselenggarakan di Auditorium Dr. Indro Suwandi gedung baru Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom), Universitas Indonesia, Depok.

Hadir dalam acara tersebut Direktur Human Capital & Transformasi Alex Denni, Dekan Fakultas Ilmu Komputer UI Mirna Adriani serta Direktur Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI Denny.

Dalam sambutannya Alex Denni menjelaskan bahwa Crash Program bertujuan untuk melihat kemampuan Customer Service Supervisor (CSS) atau yang dulu dikenal dengan pengumpul tol yang mengikuti proses transformasi skill menjadi skill digital.

“Hasilnya kita lihat hari ini dan kami bangga sekali, 100 orang peserta lulus dengan hasil yang baik. Bahkan lebih dari 70% mendapatkan nilai A dan B,” tambah Alex.

Alex juga menjelaskan ke depannya Jasa Marga juga tengah menyiapkan pekerjaan-pekerjaan baru untuk menyambut para peserta, termasuk untuk peserta yang memiliki kecepatan belajar yang tinggi akan disiapkan advance program sehingga dapat bekerja di suasana yang lebih menantang dan lebih kompleks.

“Program ini adalah pilot project dan tidak akan berhenti sampai di sini. Kami juga sudah meminta UI untuk bersiap dengan batch-batch selanjutnya yang jumlahnya lebih banyak. Kami targetkan re-skilling ribuan karyawan Jasa Marga untuk siap menghadapi revolusi industri 4.0,” jelas Alex.

Direktur Pusat Ilmu Komputer (Pusilkom) UI Denny pun salut atas semangat peserta yang terdiri dari beragam latar belakang dan usia.

“Satu bulan bukan waktu yang sebentar dan tidak mudah untuk belajar programming. Cara berpikir seorang programmer, bisa digunakan dalam sehari-hari, salah satunya dengan berpikir, bertindak serta bicara agar lebih terperinci ke depannya,” tambah Denny.

Crash Program Pilot Project Jasa Marga merupakan program yang dirancang untuk karyawan-karyawan operasional Jasa Marga dengan mengikuti kelas Foundation of Programming selama kurang lebih satu bulan (9 Desember 2019-16 Januari 2020).

Program ini merupakan inisiatif Jasa Marga untuk meningkatkan kapabilitas karyawan Jasa Marga Group dalam hal programming dan coding. Prioritas karyawan yang mengikuti program ini merupakan para petugas operasional yang pekerjaannya akan terkena disrupsi oleh teknologi di masa depan.

_______
Keterangan Lebih Lanjut Hubungi:
Dwimawan Heru
Corporate Communication & Community Development Group Head
PT Jasa Marga (Persero) Tbk.
Plaza Tol Taman Mini Indonesia Indah
Jakarta 13550
Telp. (021) 841 3526 / ext. 117/118