Jasa Marga Resmikan Mesjid Terbesar di Rest Area Se-Indonesia

5/19/2017 7:17:08 PM
Berita

Demi memberikan pelayanan maksimal dan meningkatkan mutu kenyamanan bagi para pelanggan, PT Jasa Marga (Persero) Tbk meresmikan Masjid Al Safar yang terletak di KM 88 Jalur B Jalan Tol Purbaleunyi arah Jakarta tepatnya di Rest Area KM 88 B pada hari Jumat 19 Mei 2017 dan diresmikan langsung oleh  Desi Arryani Direktur Utama Jasa Marga dan Walikota Bandung  Ridwan Kamil.

Masjid  Al Safar  memiliki luas area sekitar 6.687 m2, yang terdiri dari 1.411 m2 bangunan masjid dan sisanya seluas 5.276 m2 merupakan taman, kolam, tempat wudhu dan toilet masjid.

Masjid ini memiliki kapasitas untuk menampung sejumlah kurang lebih 1.200 jemaah dan merupakan Masjid di Rest Area Jalan Tol terbesar se-Indonesia yang mengadaptasi bentuk topi adat (Iket Sunda).

Dengan menggunakan konsep asimetris dengan gaya arsitektur dekonstruksi, Masjid Al Safar memiliki eksterior tile segi empat dengan material ACP warna abu-abu, pencahayaan yang baik ketika siang dan malam hari, serta dikelilingi kolam dan taman sebagai penyejuk di area Masjid. Sementara itu, untuk konsep interior lebih menerapkan pada bukaan kaca segi empat dengan pola tertentu dan pemasangan lampu dinding pada garis lipatan diantara dua bidang sebagai pencahayan di malam hari, serta bermotif segitiga untuk ceiling mezanin nya.

Pembangunan Masjid Al Safar dimulai sejak tanggal 11 Maret 2014. Selanjutnya, untuk  pembangunan sarana penunjang Masjid seperti tempat wudhu dan toilet dilkerjakan oleh PT Jasa Layanan Pemeliharaan yang merupakan Anak Usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Dengan  dibangunnya Masjid Al Safar ini  Direktur Utama Jasa  Marga, Desi Arryani  mengharapkan agar masjid ini kelak akan memberikan kenyaman bagi para pengguna jalan tol  menjelang bulan Ramadhan terutama yang melintasi KM 88 Jalur B Jalan Tol Purbaleunyi.

(edited by corcomm)