Tekan Angka Kecelakaan, Jasa Marga Gelar Pekan Keselamatan Transportasi dan Batas Kecepatan

8/17/2019 11:41:46 AM
Berita

PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (PT JNK) melalui PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) bersama PJR Polda Jatim dan Dinas Perhubungan menggelar Pekan Keselamatan Transportasi dan Batas Kecepatan.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas yang kerap terjadi di ruas tol Ngawi-Kertosono.

"Tujuan kegiatan ini lebih mengutamakan sosialisasi keselamatan kepada pengendara di ruas tol. Kita lakukan cek kondisi ban dari kendaraan dan truk-truk yang bermuatan melebihi kapasitas dimensi dan berat yang seharusnya. Selain itu kita pantau pengendara yang memacu kendaraanya dalam batas kecepatan maksimum dan minimum dengan menggunakan smart cctv dan speed gun, "kata General Manager Operasi dan Pemeliharaan PT JNK Charles Lendra.

Kegiatan tersebut menyasar kendaraan-kendaraan yang melaju tidak sesuai dengan ketentuan/rambu batas kecepatan. Selain itu juga memeriksa kondisi Ban yang sudah tidak layak. Karena menurut data, ban pecah menjadi penyebab 35% kecelakaan yang terjadi di Tol Ngawi-Kertosono, 30 % karena mengantuk dan sisanya human error & kondisi kendaraan.

Selain sosialisasi dan penindakan terhadap pelanggaran yang terjadi, dalam kegiatan ini juga dilakukan penempelan stiker bereflektif atau stiker tanda menyala malam hari pada bak truk bagian belakang.

"Kecelakaan sering terjadi karena kendaraan besar berjalan lambat dengan lampu belakang mati. Kita pasang stiker reflektif agar bisa terlihat oleh kendaraan di belakangnya," lanjut Charles Lendra.